Rabu, 15 Juni 2011

Promosi Gaya Hidup Sehat Melalui Media Sosial

Sungguh sayang jika media sosial seperti blog, Facebook atau Twitter hanya digunakan untuk sarana "narsis" saja. Melalui media baru ini sebenarnya siapa pun bisa menjadi pewarta untuk menyampaikan informasi bermanfaat, seperti halnya promosi gaya hidup sehat.
Hal tersebut mendasari PT.Nutrifood Indonesia untuk mengadakan Health Agent Award 2011 yang bertujuan untuk mengampanyekan pentingnya gaya hidup sehat dan nutrisi seimbang bagi para mahasiswa melalui ajang media sosial.
"Social media dipilih sebagai tools utama, karena gerakan-gerakan sosial termasuk informasi gaya hidup sehat seperti ini dapat dicapai secara efektif dan mudah," kata Arninta Puspitasari, public relations associate manager Nutrifood di sela acara pengumuman pemenang Health Agent Award 2011 di Jakarta, Selasa (14/6).
Kegiatan Health Agent award 2011 diikuti oleh 9 tim yang terdiri dari mahasiswa berbagai universitas yang masing-masing tim terdiri dari 3 orang mahasiswa. Seluruh finalis Health Agent Award tersebut lalu mendapatkan pembekalan berupa training gaya hidup sehat bernutrisi pada bulan april yang lalu. Setelah mengikuti kegiatan edukasi, para tim health agent diharuskan untuk menjalankan proyek kampanye gaya hidup sehat dalam jangka waktu 2 bulan.
Dijelaskan oleh Arninta, pemenang Health Agent Award dipilih berdasarkan beberapa kriteria yaitu inovasi dan implikasi proyek, optimalisasi penggunaan media sosial serta bagaimana proyek tersebut dapat menginspirasi gaya hidup sehat dengan materi-materi edukasi yang berkualitas.
Berdasarkan kriteria-kriteria tersebut, terpilih 3 pemenang yaitu tim Nutri Box dari Jurusan Gizi Universitas Indonesia sebagai pemenang, tim Smart ways for a healthier life dari Prasetya Mulya Business School sebagai 1st Runner Up dan Nutricios dari Jurusan Ilmu Ekonomi & Manajemen Universitas Indonesia sebagai 2nd runner up. Lalu tim Rainbow for food juga terpilih sebagai The Best Concept Health Agent Award 2011.
Pandji Pragiwaksono, salah seorang aktivits media sosial, yang hadir dalam acara tersebut mengingatkan para pemenang akan tantangan yang harus dihadapi sebagai pewarta di media sosial.
"Tantangannya adalah konsistensi untuk terus memberikan kampanye hidup sehat. Media sosial itu mirip dengan toko baju, jika kita tidak rajin-rajin meng-up date isi blog atau twitter kita, orang akan malas untuk mengunjunginya. Untuk terus menjaga komitmen, yang dibutuhkan dalam bidang sosial adalah passion," katanya.

Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar