Rabu, 15 Juni 2011

Dinosaurus Terkecil Ada di Inggris

Spesies dinosaurus jenis baru yang ditemukan fosilnya dalam penggalian di Inggris mungkin tercatat sebagai dinosaurus terkecil di dunia. Dinosaurus yang diberi nama Ashdown maniraptoran itu panjang tubuhnya sekitar satu kaki (30,48 cm) dengan berat 200 gram itu diperkirakan hidup pada periode 145 sampai 100 juta tahun lalu.

"Seperti maniraptor lainnya, spesies ini tubuhnya kecil, berbulu, berjalan dengan dua kaki, seperti burung, berekor pendek, leher panjang, kaki belakang yang panjang dan ramping, serta cakar bagian tubuh depan yang berbulu," terang Darren Naish, asisten riset kehormatan di School of Earth & Environmetal Sciences, University of Portsmouth, Inggris, kepada Discovery News.

Spesies ini ditemukannya bersama Steven Sweetman saat menganalisis sisa-sisa pengalian dinosaurus di Pivensey Pit, di Ashdown Brickworks, situs yang terletak di barat laut Bexhill, Sussex Timur.

Naish dan Sweetman menyimpulkan, fosil yang mereka temukan itu adalah merupakan spesies dinosaurus yang belum terdokumentasikan. Pasalnya, belum ada nama dinosaurus yang merupakan maniraptor dari bebatuan yang berusia sama dan dari daerah yang sama. Namu, belum ditemukannya tengkorak dinosaurus tersebut membuat para peneliti belum dapat menyimpulkan makanan Ashdown maniraptoran ini.

Namun Naish menduga, berdasarkan maniraptor dan oviraptosaurus lainnya, dinosaurus ini termasuk omnivora yang memangsa binatang kecil seperti serangga di samping memakan dedaunan dan buah-buahan. Selain itu, tambah Naish, cara berjalan Ashdown maniraptoran serupa dengan theropod lain, yaitu dengan tubuh dan ekor yang berada pada posisi horizontal.

Pesaing terberat Ashdown maniraptoran sebagai kandidat dinosaurus non-unggas terkecil di dunia saat ini adalah Anchiornis dari China dengan panjang tubuh sekitar 30 sampai 40 sentimeter. Namun belum dapat dipastikan berapa panjang sebenarnya. (National Geographic Indonesia/Agung Dwi Cahyadi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar