Minggu, 11 April 2010

Jumlah bayi yang lahir dengan keadaan Down Syndrome

Jumlahnya meningkat secara dramatis dalam beberapa tahun terakhir. Para peneliti telah menyatakan bahwa jumlah dari bayi yang lahir dengan down syndrome meningkat sekitar 31 persen antara tahun 1979 dan 2003, dan dari 9 hingga 11,8 persen per 10.000 kelahiran pada 10 kawasan di amerika serikat yang sedang dijadikan objek studi.

Studi ini telah menunjukkan bahwa jumlah yang mewakili peningkatan rata-rata sekitar 0,9 persen per tahunnya. Peneliti menganalisa data dari daftar kelahiran berdasarkan 10 populasi di Amerika Serikat, yang mengukur prevalensi diantara anak-anak hingga usia 19 tahun dari setiap region, dan juga pada area lain yang digabungkan.

Selama periode studi ini, prevalensi dari kelahiran meningkat diantara bayi yang dilahirkan dari ibu yang usianya lebih muda. Usia ibu hamil sekitar 35 atau lebih sudah diketahui memiliki faktor resiko mendapatkan bayi dengan down syndrome, yang biasanya disebabkan oleh kelainan kromosom.

Down syndrome disebabkan oleh divisi dari sel yang tidak normal yang terjadi pada perkembangan awal janin. Para ahli medis percaya bahwa hal ini dimulai sejak telur bersatu pada saat pembuahan. Kadang juga, kerusakan ini terjadi pada sperma disaat pembuahan. Tetapi, belum diketahui juga apa sebenarnya yang menyebabkan sel ini terbelah secara tidak normal.

Gen-gen biasanya disatukan dalam kelompok untuk membentuk kromosom. Secara normal, bayi akan mendapat 46 kromosom, 23 dari setiap orangtua. Divisi sel abnormal yang berhubungan dengan down syndrome menghasilkan material genetis tambahan, atau kromosom tambahan. Down syndrome biasanya diklasifikasikan sesuai dengan cara spesifik seperti halnya sel genetis tambahan dihasilkan. Tipe down syndrome translokasi kadang kala di turunkan ke bawah dalam sebuah keluarga.

Peneliti menulis, "kelanjutan (down syndrome) prevalensi pada kelahiran meningkat hampir lima kali diantara kelahiran dari ibu yang lebih tua (38,6 per 10.000) dibandingkan kelahiran pada ibu yang lebih muda (7,8 per 10.000)."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar